Modul 4 - Instalasi Web Server (Debian 10 Buster)

 

Mengenal Web Server

Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berupa data. Berfungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien atau kita kenal dengan web browser (Chrome, Firefox). Selanjutnya ia akan mengirimkan respon atas permintaan tersebut kepada client dalam bentuk halaman web.

Langkah instalasi web server adalah sebagai berikut :

Langkah 1 : Langkah pertama pastikan CD ROM Virtual Box sudah terpasang DVD 1 Debian 10, karena paket web server yaitu Apache 2 berada pada ISO DVD 1.


Langkah 2 : Lalu mount CD ROM dengan perintah apt-cdrom add.


Langkah 3 : Jika sudah maka install apache2 dengan perintah apt-get install apache2, lalu pilih y, Enter.


Langkah 4 : Tunggu hingga proses dibawah ini selesai.


Langkah 5 : Untuk mengecek apakah paket sudah diinstal ketik perintah systemctl status apache2.service, lalu akan kita lihat tulisan running.


Atau bisa kita lakukan dengan membuka ip server dari client pada browser seperti dibawah ini. Contoh ip server yang digunakan di server ini adalah 192.168.10.1


Langkah 6 : Lalu kita buat direktori yang akan kita gunakan untuk meletakkan file web, contohnya kita akan membuat direktori web-alpa, lalu kita buat file index.html di dalamnya dengan perintah seperti di bawah ini.


Langkah 7 : Lalu ketikkan file index.html seperti text di bawah ini, lalu simpan.


Langkah 8 : Sekarang kita cek isi folder web-alpa dengan perintah ls.


Langkah 9 : Cek file yang tadi kita ketikkan dengan cara masukkan ip server/folder web, contohnya : 192.168.10.1/web-alpa

Langkah 10 : Lalu untuk website kedua kita buat kembali direktori baru dengan nama web-beta, lalu copy file index.html nya dari web-alpa yang tadi telah kita buat. Selajutnya edit file tersebut menjadi nama web-beta.


Langkah 11 : Edit teks menjadi website beta, lalu simpan.


Langkah 12 : Uji coba hasil yang di edit tadi.





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama