Penjelasan Virtualisasi Pada Teknologi Informasi

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, muncul sebuah inovasi baru yang kita kenal dengan virtualisasi. Istilah ini adalah sebagai bentuk terobosan yang memberikan sangat banyak manfaat dari berbagai aspek. Pada tulisan ini kita akan fokus membahas tentang virtualisasi secara umum dengan target kita dapat memahami apa yang dimaksud dengan istilah virtualisasi dalam teknologi informasi.



Apa itu virtualisasi?

Virtual secara bahasa artinya maya, hampir menyerupai, menyerupai bentuk sebenarnya. Sedangkan dalam dunia teknologi informasi kata virtual atau virtualisasi itu sendiri dipahami sebagai sebuah usaha untuk merubah benda yang tadinya memiliki bentuk fisik menjadi bentuk non-fisik atau merubah sesuatu dari ketidakteraturan menjadi nilai yang lebih teratur/terukur. Syarat diterimanya sebuah proses virtualisasi itu minimal memiliki nilai manfaat yang sama atau lebih dari bentuk sebenarnya. Sehingga virtualisasi itu tidak perlu dilakukan apabila salah satu syarat di atas tidak terpenuhi.

Jenis-jenis virtualisasi

Dalam dunia komputer istilah virtualisasi dapat kita temui dalam beberapa objek, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Virtualisasi Data, yaitu layanan yang merubah data yang tidak beraturan menjadi lebih teratur. Contohnya seperti grafiktabel.
  2. Virtualisasi Aplikasi, yaitu layanan yang memberikan fasilitas aplikasi/data yang dapat diakses tanpa harus menginstal aplikasi. Contohnya seperti layanan web server, email server.
  3. Virtualisasi Server, yaitu sebuah layanan untuk membuat sebuah wadah yang dapat menampung banyak server pada sumber daya perangkat keras yang terbatas. Berdasarkan fungsinya virtualisasi dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu : Hypervisor Type 1 (Baremetal) contohnya seperti aplikasi proxmoxvSphere dan Hypervisor Type 2 (Hosted) contohnya seperti virtualbox, vmware

  4. Virtualisasi Desktop, yaitu sebuah upaya untuk melakukan akses atau remote pada sebuah komputer. Contohnya seperti aplikasi remote desktop.
  5. Virtualisasi Storage, yaitu sebuah layanan yang membuat/menggabungkan sumber daya sehingga lebih flexible dan mudah dalam menajemennya. Contohnya seperti RAID.
  6. Virtualisasi Jaringan, yaitu sebuah layanan yang dilakukan untuk membatasi/menggabungkan jaringan dalam satu wadah yang sama. Contohnya seperti VLAN.
Manfaat dari virtualisasi

Berdasarkan dari penjelasan diatas silahkan sebutkan apa saja manfaat dari virtualisasi! Silahkan diketik jawabannya pada kolom komentar dibawah (dengan mencantumkan nama dan kelas).

29 Komentar

  1. Amelia Khairani - XI TKJ 1 : meningkatkan efisiensi, menjaga privasi dan keamanan, menghemat biaya, Provisioning & Deployment Server yang lebih cepat, Mengurangi Penggunaan Sumber Daya Energi Listrik (Go Green), dan Kemudahan dalam Monitoring Server.

    BalasHapus
  2. Kevin Marcelian Dinata - XI TKJ 1 : 1. Kemudahan backup dan recovery
    2.Menghemat biaya hardware
    3.Pekerjaan monitoring server jadi lebih mudah
    4.Kemudahan cloning sistem
    5.Mengurangi panas hardware dan biaya listrik

    BalasHapus
  3. Ahmad panca nur rasyid-XI TKJ 1 :Virtualisasi meningkatkan sumber daya perangkat keras yang digunakan di pusat data Anda.

    BalasHapus
  4. Luisa Tandy - XI TKJ 1
    1.Kemudahan backup dan recovery
    2.Menghemat Biaya Hardware
    3.Mengurangi Panas Hardware Dan Biaya Listrik
    4.Pekerjaan Monitoring Server Menjadi Lebih Mudah
    5.Memudahkan Cloning Sistem

    BalasHapus
  5. Muhammad Afif Rizky - XI TKJ 1 :
    1.Penggunaan sumber daya yang efisien
    2.Manajemen IT otomatis
    3.Pemulihan bencana yang lebih cepat

    BalasHapus
  6. Faadhilah Nur Fajrina - XI TKJ 1 :
    menghemat biaya pada hardware, lebih mudah memonitoring server, meningkatkan efisiensi, menjaga privasi dan keamanan, memudahkan backup dan recovery, memudahkan cloning sistem

    BalasHapus
  7. Ibnhu Hasan- XI. TKJ. 1:
    1. Virtualisasi mengurangi jumlah server yang Anda jalankan. artinya menghemat biaya hardware dan juga jumlah total energi yang harus dijalankan.
    2. Penggunaan virtualisasi akan memberi kemudahan terhadap kegiatan perlindungan dan backup data.
    3. Monitoring server menjadi lebih mudah, virtualisasi akan mengubah server yang awalnya tidak terpusat menjadi terpusat.

    BalasHapus
  8. Dewa Marenza Putra - XI TKJ 1 ;

    Virtualisasi meningkatkan sumber daya perangkat keras yang digunakan di pusat data Anda. Misalnya, daripada menjalankan satu server di satu sistem komputer, Anda dapat membuat kumpulan server virtual di sistem komputer yang sama dengan menggunakan dan mengembalikan server ke kumpulan sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  9. MUHAMMAD PRASETIO-XI TKJ 1:
    1.mempermudah dalam meyimpan dan mengakses sebuah penyimpanan
    2.tidak memerlukan 2 parangkat untuk menjalankan 2 sistem operasi secara sekaligus
    3.mempermudah untuk mengakses perangkat walaupun kita tidak berada langsung di perangkat tersebut

    BalasHapus
  10. Happy Muhaga Dachi - XI TKJ 1 : memperkuatkan efisiensi, mengemong keterpencilan dan keamanan, menyingkat waktu biaya, Provisioning & Deployment Server yang lebih cepat, Mengurangi Penggunaan Sumber Daya Energi Listrik (Go Green), dan Kemudahan bagian dalam Monitoring Server.

    BalasHapus
  11. SABINA RIZKY - XI TKJ 1
    •Kemudahan dalam Monitoring Server
    •Mengurangi Penggunaan Sumber Daya Energi Listrik (Go Green)
    •Efisiensi Hardware & Biaya

    BalasHapus
  12. AULIA WULANDARI - XI TKJ 1
    memudahkan backup dan recovery,lebih mudah memonitoring server,menghemat biaya pada hardware,menjaga privasi dan keamanan.

    BalasHapus
  13. Haura Fathiya - XI TKJ 1
    Manfaat dari Virtualisasi yaitu : (a)meningkatkan sumber daya perangkat keras yang digunakan di pusat data Anda. (b)Virtualisasi mengurangi jumlah server yang Anda jalankan. (c)Memudahkan Backup Dan Recovery. (d)Menghemat Biaya Hardware. (e)Mengurangi Panas Hardware Dan Biaya Listrik. (f)Pekerjaan Monitoring Server Menjadi Lebih Mudah.
    Dan masi banyak lagi manfaat dari Virtualisasi

    BalasHapus
  14. rafi candra ramadhan - XI TKJ 1 : menghemat biaya, mengurangi penggunaan sumber daya energi listrik, kemudahan dalam monitoring server, dan meningkatkan efisiensi.

    BalasHapus
  15. Fajar Siddiq - XI TKJ 1 :
    1. Menghemat biaya
    2. Meningkatkan efisiensi
    3. Menjaga privasi dan keamanan
    4. Mengurangi panas hardware
    5. Monitoring server jadi lebih mudah

    BalasHapus
  16. nama Achmad RifanSyah, kelas XI TKJ 1, meningkatkan sumber daya perangkat keras yg digunakan pada perangkat kita, menjaga privasi dan keamanan kita, dll

    BalasHapus
  17. Raymon Edma Prabowo -XI TKJ 1 : menghemat biaya hardware dan juga jumlah total energi yang harus dijalankan. Satu server bisa dibagi resourcenya menjadi seolah-olah beberapa server yang bisa menjalankan tugas sendiri-sendiri.

    BalasHapus
  18. Virtualisasi meningkatkan sumber daya perangkat keras yang digunakan di pusat data Anda. Misalnya, daripada menjalankan satu server di satu sistem komputer, Anda dapat membuat kumpulan server virtual di sistem komputer yang sama dengan menggunakan dan mengembalikan server ke kumpulan sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  19. Muhammad Ibrahim Hanif - XI TKJ 1 :
    Mengurangi Penggunaan Sumber Daya Energi Listrik (Go Green), dan Kemudahan dalam Monitoring Server.menghemat biaya pada hardware, lebih mudah memonitoring server, meningkatkan efisiensi, menjaga privasi dan keamanan, memudahkan backup dan recovery

    BalasHapus
  20. Rayhan zaki saputra-XI TKJ 1
    1.Efisiensi Biaya Yang Diperlukan Untuk Hardware
    2.Tidak Perlu Melakukan BackUp
    3.Ruang Menjadi Tidak Mudah Panas

    BalasHapus
  21. Tengku Arman Saputra
    XI TKJ 1 :

    Virtualisasi meningkatkan sumber daya perangkat keras yang digunakan di pusat data Anda. Misalnya, daripada menjalankan satu server di satu sistem komputer, Anda dapat membuat kumpulan server virtual di sistem komputer yang sama dengan menggunakan dan mengembalikan server ke kumpulan sesuai kebutuhan.

    Sekian trimakasih.

    BalasHapus
  22. Rizky - xI tkj 1
    menyingkat waktu , memudahkan dalam monitoring server

    BalasHapus
  23. Zacky Ibnu Hatta - XI TKJ 1
    1. Virtualisasi mengurangi jumlah server yang Anda jalankan. artinya menghemat biaya hardware dan juga jumlah total energi yang harus dijalankan.
    2. Penggunaan virtualisasi akan memberi kemudahan terhadap kegiatan perlindungan dan backup data.
    3. Monitoring server menjadi lebih mudah, virtualisasi akan mengubah server yang awalnya tidak terpusat menjadi terpusat.
    4.Monitoring server jadi lebih mudah
    5.Mengurangi panas hardware

    BalasHapus
  24. Rahmat Fadil - XI TKJ 1 : Manfaat virtualisasi meningkatkan sumber daya perangkat keras yg digunakan oleh perangkat kitaa

    BalasHapus
  25. Arif Darmawan XI TKJ 1
    1.Pekerjaan monitoring server jadi lebih mudah
    2.kemudahan untuk membackup
    3.hemat biaya
    4.mempermudah untuk mencloning sistem

    BalasHapus
  26. M.Guntur Khadafi- XI TKJ 1 :Virtualisasi meningkatkan sumber daya perangkat keras yang digunakan di pusat data Anda. Misalnya, daripada menjalankan satu server di satu sistem komputer, Anda dapat membuat kumpulan server virtual di sistem komputer yang sama dengan menggunakan dan mengembalikan server ke kumpulan sesuai kebutuhan.Berbagai manfaat lainnya sebagai berikut:

    1.Kemudahan backup recovery
    2.penggunaan sumber daya efisien
    3.mengurangi panas hardware dan biaya
    listrik
    4.pekerjaan monitoring menjadi lebih.
    mudah

    BalasHapus
  27. Al Fharidz Fajar - XI TKJ 1

    Penghematan biaya operasional untuk perangkat keras
    Tidak perlu khawatir terhadap backup data
    Ruangan data center akan sejuk dan tidak mudah panas
    Kemudahan dalam cloning sistem

    nb: fharidz gabisa login

    BalasHapus
  28. Alvin Zikrianda Buntara - XI TKJ 1:

    -menghemat biaya untuk
    hardware
    -memudahkan cloning sistem
    -memudahkan untuk backup
    -menambah efisiensi

    BalasHapus
  29. Saddam Perwira - XI TKJ 1

    1.Menghemat biaya hardware
    2. kemudahan backup
    3. Mengurangi Penggunaan Sumber Daya Energi
    4. meningkatkan efisiensi
    5. memudahkan cloning sistem

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama