Modul 1 - Konfigurasi Repository/DVD Paket Server (Debian 10 Buster)

Sebelum melakukan instalasi paket server pada Linux Debian 10 Buster, kita perlu melakukan settingan konfigurasi repository untuk mendownload paket layanan yang ingin kita instalkan.

Apa itu repository?

Repository adalah tempat disimpannya berbagai macam program atau aplikasi yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga bisa diakses melalui internet. Repository tidak hanya dapat diakses melalui internet saja tetapi kita juga dapat menggunakan alternatif repository lewat distribusi pada media lain seperti DVD yang tentunya sangat membantu sekali buat kita yang tidak memiliki koneksi internet yang cepat.

Langkah-langkah konfigurasi repository paket Debian 10 Buster :

1. Kita cek settingan repository terlebih dahulu dengan cara mengetikkan perintah berikut : nano /etc/apt/sources.list

Repository itu bisa berasal dari 2 sumber, yaitu download langsung ke server yang tersedia di internet atau kita bisa ambil dari iso DVD instalasi yang sudah didownload sebelumnya.


Penjelasan : 
Pada bagian deb cdrom: [Debian GNU/Linux 10.12.0 _Buster_ - Official amd64 DVD Binary-1], menandakan bahwa repo diambil dari DVD. Sedangkan pada bagian deb http://security.debian.org/debian-security buster/updates main contrib dan deb-src http://security.debian.org/debian-security buster/updates main contrib, adalah settingan jika kita ingin mengambil repo dari internet.

2. Karena kita memiliki keterbatasan koneksi internet, maka kita gunakan saja repository dari DVD / CD ROM yang telah kita sediakan. Lalu lakukan settingan pada virtual box untuk mengganti dari DVD 1 ke DVD 2 seperti di bawah ini dengan cara klik Devices > Optical Devices > Choose a disk file...


3. Lalu pilih iso DVD 2 untuk menambahkannya kedalam settingan pada file sources.list (yaitu settingan untuk reposirory)


4. Setelah diganti menjadi DVD 2, pastikan CD ROM pada virtual box aktif/running, lalu ketikkan perintah : apt-cdrom add


5. Jika sudah seperti gambar di atas, maka lepaskan DVD 2 untuk kita ganti ke DVD 3 dengan cara ketikkan perintah : eject


6. Lalu ulangi seperti langkah yang sebelumnya, pilih Devices > Optical Devices > Choose a disk file...


7. Lalu pilih iso DVD 3 seperti gambar di bawah.

8. Lalu ulangi langkah yang sama, ketikkan : apt-cdrom add


9. Langkah berikutnya kembali kita cek konfigurasi repository dengan perintah : nano /etc/apt/sources.list sampai tampil seperti gambar di bawah ini. 


10. Settingan repository dari DVD telah berhasil dilakukan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama