Modul 2 - Konfigurasi IP Address (Debian 10 Buster)


Setelah melakukan instalasi server Linux Debian, hal pertama yang paling umum dilakukan adalah melakukan setting IP Address. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Langkah pertama kita cek ip address terlebih dahulu yaitu dengan mengetikkan perintah # ip addr , pada bagian interface kedua yaitu enp0s3 belum mempunyai ip address.


2. Langkah berikutnya adalah masuk ke pangaturan ip address dengan cara mengetikkan # nano /etc/network/interfaces , lalu tambahkan konfigurasinya seperti gambar dibawah ini. 

Jangan lupa untuk menyimpan konfigurasinya dengan cara mengetikkan ctrl+o dan keluar dengan cara mengetikkan ctrl+x.


3. Lalu restart konfigurasi yang telah kita buat dengan mengetikkan perintah # /etc/init.d/networking restart


4. Lalu hidupkan interface dengan mengetikkan # ifup enp0s3 , jika sudah cek kembali ip addressnya dengan perintah # ip addr show


5. Pastikan ip address sudah berhasil disetting untuk interface enp0s3 selanjutnya, ujicoba dengan melakukan ping ke alamat ip yang sudah disetting. 


6. Setting virtual box untuk perangkat jaringan yang ingin kita gunakan. Yaitu dengan klik Devices > Network > Network Setting ...


7. Pilih menu Network > Adapter 1, dan pastikan konfigurasinya attached ke Host-only Adapter dengan nama VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter, klik Advanced setting Promiscuous Mode : Allow All. Lalu klik OK.


8. Lakukan konfigurasi ip address pada client (laptop) yaitu interface VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter. Klik kanan lalu pilih Properties.


9. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > Properties.
 

10. Setting ip address yang satu jaringan dengan ip address server. Contohnya kita gunakan : 192.168.10.2/24. Lalu klik OK.

11. Lalu untuk uji coba ping matikan firewall terlebih dahulu agar bisa terhubung secara langsung.


12. Uji coba dengan ping ke ip sendiri (yang telah disetting) dan ping ke ip server debian.


13. Lalu uji coba juga ping dari server debian ke client windows.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama