Modul 0 - Instalasi Server Linux (Debian 10 Buster)


Kenapa kita kembali ke Linux Debian 10 Buster padahal versi terbaru saat ini adalah Debian 11 Bullseye?
Alasannya adalah karena untuk layanan paket pada Debian 11 Bullseye tidak tersedia dalam DVD akan tetapi harus download langsung ke repository menggunakan koneksi internet. Nah karena kita tidak semuanya yang memiliki koneksi internet, sehingga kita kembali menggunakan Debian 10 Buster sebagai bahan untuk belajar konfigurasi server berbasis linux.

Prerequisite


Persiapan Hardware

Spesifikasi hardware paling minimal yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi Debian 8 Jessie adalah 128 MB RAM dan 2 GB HDD. Untuk lebih detailnya kalian bisa cek pada dokumentasi resminya pada alamat berikut : https://www.debian.org/releases/jessie/mips/ch03s04.html.en

Download ISO Installer

Pada tutorial ini kita akan melakukan instalasi Debian 8 Jessie versi amd64 / 64 Bit. Jika ingin memilih arsitektur lainnya seperti i386 / 32 Bit , arm64 , mipsel, dan lain-lain dapat langsung mengunjungi https://cdimage.debian.org/cdimage/archive/10.12.0/amd64/iso-dvd/ bisa dengan memilih yang versi CD saja jika hanya ingin melakukan instalasi minimal karena cenderung file sizenya lebih kecil dibanding versi DVD. Akan tetapi kita akan kesulitan pada saat instalasi paket layanan servernya nanti seperti isc-dhcp-server untuk DHCP Server, apache2 untuk Web Server, bind9 untuk DNS Server, dan lain sebagainya.

Burn ISO (Jika instal langsung)

Selanjutnya untuk melakukan burn iso installer Debian 8 Jessie pada media instalasi seperti flashdisk / cd kalian bisa menggunakan salah satu tools berikut ini. 
  • Rufus 
  • Balena Etcher 
Jika proses burn iso installer ke media instalasi sudah selesai maka kita lanjut ke tahap proses instalasi.

Buat/setting VM (Jika instal di virtual)

Jika ingin menginstal menggunakan aplikasi virtual machine seperti virtual box, vmware atau yang lainnya.

Installation


Jangan lupa mengatur first boot jika instal langsung ke pc, sedangkan jika instal ke virtual jangan lupa untuk memasang ISO instalasi pada settingan aplikasi virtual machinenya. Jika berhasil booting maka akan muncul menu instalasi Debian 8 seperti Berikut. Disini kita akan menggunakan mode teks dengan memilih menu Install (bukan yang Graphical install).


Langkah selanjutnya adalah pemilihan bahasa, untuk bahasa yang digunakan saat instalasi dan sekaligus menjadi bahasa bawaan sistem nantinya, jika sudah silahkan tekan enter.


Lalu lakukan instalasi sampai selesai.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama