Modul 3 - Instalasi DHCP Server (Debian 10 Buster)


Apa itu DHCP?

DHCP merupakan singkatan dari Dinamyc Host Configuration Protocol adalah sebuah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Untuk komputer yang memberikan nomor IP inilah yang disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang melakukan request disebut DHCP Client.

Berikut langkah-langkah untuk instalasi dan konfigurasi DHCP Server pada Debian 10 :

1. Langkah pertama pilih menu Devices > Optical Drives > debian-10.12.0-amd64-DVD-2.iso


2. Pastikan CDROM virtual boxnya aktif, lalu ketikkan apt-get update.


3. Jika sudah selesai lalu instal layanan dhcp servernya dengan mengetik perintah apt-get install isc-dhcp-server. Lalu ketik Y dan tekan Enter.


4. Tunggu hingga prosesnya selesai. Dan untuk pertama kali settingan dhcp server masih failed karena harus disetting dahulu.


5. Lalu setting konfigurasinya pada nano /etc/dhcp/dhcpd.conf. Dengan cara mengedit, menambah/menghapus tanda pagar dibagian awal.


6. Hapus tanda pagar (#) dan edit konfigurasinya seperti pada gambar di bawah ini. Jika sudah sama lalu simpan konfigurasi dengan menekan ctrl+o dan keluar dengan ctrl+x.


7. Kemudian lakukan pengarahan interface/port yang akan memberikan dhcp yaitu enp0s3, pada file konfigurasi berikut : nano /etc/default/isc-dhcp-server


8. Jika sudah maka restart server dengan mengetikkan reboot.


9. Lalu restart/jalankan layanan isc-dhcp-server dengan cara mengetikkan /etc/init.d/isc-dhcp-server restart. Jika konfigurasi sudah benar maka akan muncul tulisan ok pada bagian sebelah kiri.


10. Jika berhasil maka kita cek dengan cara mengetikkan systemctl status isc-dhcp-server.service.


11. Selanjutnya pastikan interface yang kita gunakan untuk uji coba ke client sudah sesuai yaitu seperti berikut. (sama seperti mengatur ip addess pada modul 2)


12. Lalu buka kembali ke aplikasi Oracle VM VirtualBox Manager pilih Tools, dan sesuaikan dengan settingan seperti di bawah ini. (Untuk settingan DHCP Server aplikasi Virtual Box)


13. Buka Network Manager, Pilih VirtualBox Host-Only Ethernet, klik kanan Properties.


14. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik Properties.


15. Pilih Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically. Klik OK.


16. Jika berhasil maka akan dapat ip address seperti gambar di bawah ini.


17. Lalu kita cek melalui cmd sekaligus untuk melakukan cek ping.


18. Lakukan ping ke ip server 192.168.10.1, dan pastikan ping berhasil.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama