Perbandingan Debian vs Ubuntu

Debian dan Ubuntu adalah dua distro Linux bagaikan kakak dan adik, yang memiliki banyak kesamaan dalam beberapa aspek, akan tetapi berikut ini kita perhatikan perbedaan antara Debian dan Ubuntu pada tabel dibawah ini :

DebianUbuntu
Kurang cocok digunakan oleh orang yang baru pertama menggunakan sistem operasi Linux karena cenderung lebih rumit.Tampilannya lebih sederhana dan mudah dimengerti oleh pemula. Dalam proses instalasi bahkan tak memerlukan konfigurasi tambahan.
Debian lebih jarang mendapatkan update (2 tahun sekali) atau pembaruan software. Hal ini menjadikannya lebih stabil untuk digunakan.Ubuntu memperbarui sistem operasi secara rutin setiap 6 bulan. Hal ini menyebabkan lebih banyak bug dan sistem menjadi kurang stabil.
Dukungan pembaruan aktual selama 3 tahun setelah rilis stabil diluncurkan.Dukungan pembaruan lebih lama, yaitu 5 tahun.
Semua paket mendapatkan update tepat waktu.Software yang berasal dari "universe" tak pernah mendapatkan pembaruan sama sekali.
Terkadang tidak mendukung hardware terbaru karena masih menggunakan kernel lawas.Kernel selalu diperbarui supaya dapat mendukung perangkat keras keluaran terbaru.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama